Wisata : Goa Tetes, Lumajang, Jawa Timur

lokasi goa tetes lumajang jawa timur
indonesianian.blogspot.co.id - Goa tetes merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Lumajang. Lokasi Goa Tetes berada di desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, tidak jauh dari perbatasan Malang dan Lumajang.  Dari pusat kota Lumajang jaraknya sekitar 53 km, sedangkan jika di tempuh dari kota malang sekitar 68 km. Akses jalan ke Goa Tetes dari kedua kota tersebut relatif sangat mudah, yaitu melewati jalur lintas selatan Malang – Lumajang.
Memasuki area wisata Goa Tetes, kita melewati gerbang masuk yang hanya bisa diakses dengan sepeda motor atau jalan kaki. Untuk mobil di parkir didekat perumahan penduduk sekitar jalan raya Malang-Lumajang. Dari gerbang masuk di pinggir jalan raya ke pos tiket masuk jaraknya sekitar 500 meter. Dari sini perjalanan hanya bisa dilakukan dengan trekking jalan kaki. Untuk sampai ke Goa Tetes masih menempuh jarak  tidak kurang dari 2 km lagi.

gerbang menuju goa tetes
Gerbang Masuk dari Jalan Raya dan Loket Tiket Goa Tetes

Trek jalan yang dilewati berupa jalan setapak landai, selanjutnya berganti dengan tangga berundak dengan kemiringan yang cukup curam. Mendekati Goa Tetes, jalan semakin sulit, karena harus meniti tebing karang yang selalu dialiri air. Lintasan yang dilewati menjadi lumayan licin, jadi mesti melangkahkan kaki dengan sangat hati-hati.

panorama goa tetes lumajang

stalaktit goa tetes
Sampai di areal wisata Goa Tetes, langsung terhampar panorama eksotik yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Disini terlihat aliran air dari atas mengaliri areal tebing,  dengan deretan goanya. Mungkin inilah yang menjadikan tempat ini dinamakan Goa Tetes. Goa yang ada disini memang selalu meneteskan air dari atas, sehingga untuk memasukinya pengunjung harus berbasah-basahan. Di dalam Goa Tetes bisa kita temukan stalaktit dan stalagmit unik dengan ragam warnanya.
Untuk menikmati panorama Goa Tetes, pengunjung dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang. Sedangkan biaya parkir sepeda motor juga sama Rp. 5.000, per sepeda motor.

trek dari goa tetes ke tumpak sewu

jalur ke tumpak sewu dari goa tetes
Jalan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu
Menuruni Tebing Goa Tetes dan Menysuri Sungai
Kawasan wisata Goa tetes sangat menjanjikan bisa dijadikan sebagai lokasi wisata unggulan jika dikembangkan potensinya lebih maksimal lagi. Seperti perbaikan akses dan pembangunan fasilitas pendukung lainnya. Bahkan dari Goa tetes ini sebenarnya terdapat jalan akses ke Air terjun Coban Tumpak Sewu, yaitu dengan menuruni tebing yang ada dibawah Goa Tetes. Kemudian dilanjutkan dengan menyusuri aliran sungai kearah hulu sejauh 1 km. Memang lumayan ekstrem jalurnya, tetapi akan sangat menarik bagi penikmat alam.
Sumber: Goa Tetes Lumajang, Jawa Timur

1 Response to "Wisata : Goa Tetes, Lumajang, Jawa Timur "

  1. wah bagus gan saya menyukai artikelnya, juga bermanfaat
    jangan lupa mampir ke rental mobil jogja kl ingin nyewa mobil

    ReplyDelete