Wisata : Masjid Tiban atau Masjid Ajaib Turen Malang Jawa Timur

lokasi masjid tiban turen malang
Lokasi Masjid Tiban atau Masjid Ajaib terletak di desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Masjid Tiban Turen sekitar 25 km dari Kota Malang arah ke selatan, dapat ditempuh selama kurang lebih 45 menit. Rutenya dari kota Malang lewat pasar Gadang – Bululawang – Desa Sananrejo – Masjid Tiban Turen.

Dijuluki Masjid tiban karena menurut mitos yang berkembang di masyarakat, bangunan ini dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam. Dan tanpa sepengetahuan warga sekitar, tiba-tiba muncul begitu saja. Tetapi yang sebenarnya, Masjid Tiban ini merupakan bangunan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Dan bangunan megah tersebut dibangun seperti pada umumnya membangun sebuah gedung. Bahkan jangka waktu pembangunanya memakan waktu yang cukup lama.
Terkesan muncul secara tiba-tiba dan dianggap ajaib adalah karena warga sekitar tidak tahu tahap pembangunan bangunan megah tersebut. Ini dikarenakan proses pembangunannya dilakukan oleh para santri di lingkungan pondok. Jadi wajar jika masyarakat tidak mengetahui dan menganggapnya sebagi Masjid Tiban atau Masjid Jin atau Masjid Ajaib, karena tiba-tiba sudah berdiri megah.
masjid tiban ajaib di turen malang
Alamat masjid Tiban Turen atau Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) tepatnya berada di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur No. 10, RT 07 / RW 06, Sananrejo, Turen, Malang 65175. Didirikan oleh Romo Kyai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kyai Ahmad, yang mulai dirintis sejak tahun 1963. Nama Pondok Pesantren Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) memiliki arti, Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat.  
Terlepas dari mitos Masjid Tiban atau Masjid Jin, sekarang Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) telah menjadi salah satu tujuan wisata religi di Malang dan sekitar. Bahkan sudah banyak orang yang datang dari berbagai penjuru nusantara, hampir setiap saat ada yang berziarah ketempat ini.
fasilitas masjid tiban turen malang
Pusat perbelanjaan, terkesan seperti sebuah mall
Bangunan pesantren yang memiliki 10 lantai ini, tidak hanya difungsikan untuk keperluan ibadah saja. Tetapi berfungsi juga sebagai sarana hajat hidup warga sekitar, bahkan disediakan fasilitas layaknya tempat wisata dan pusat perbelanjaan bagi pengunjung. Seperti di bagian lantai dasar terdapat aquarium dengan beragam spesies ikan, di pelihara juga berbagai jenis binatang.
bentuk unik masjid tiban turen

gambar masjid tiban turen malang
Beberapa ornamen pada bagian Masjid Tiban
Sedang di bagian lantai yang lain dibuat stand-stand untuk menjual beragam aneka souvenir dan kebutuhan rumah tangga. Yang paling menarik dari pondok pesantren ini sudah tentu seni arsiteksturnya. Secara kasat mata bangunan megah ini merupakan perpaduan seni arsitekstur dari berbagai negara, seperti Arab, China, India dan lainnya. Terdapat kubah-kubah berukir kaligrafi Arab dengan warna mencolok dominan biru, nampak begitu indah.
keunikan masjid tiban turen malang
Terdapat stalaktit dilangit-langit, serasa di dalam goa
Ornamen lain pada setiap ruang juga sangat unik dan tidak biasa. Hampir setiap bagian memiliki desain yang berbeda. Ada bagian yang layaknya ruang kerajaan lengkap dengan singgasanya, bahkan kita bisa menyaksikan stalaktit seperti di gua-gua di rungan lainnya. Bagian atas bangunan dibuat mirip sebuah bukit, dari atas ketinggian ini kita bisa menyaksikan pemandangan alam sekitar ponpes menjadi semakin eksotik.
Bermainat dan tertarik? Silahkan Kunjungi Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah), bukan Masjid Tiban atau Masjid Jin.
Sumber: Masjid Tiban Turen Malang

0 Response to "Wisata : Masjid Tiban atau Masjid Ajaib Turen Malang Jawa Timur"

Post a Comment