Wisata : Gua Selomangleng Kediri Jawa timur

Indonesianian.blogspot.co.id - Lokasi Gua Selomangleng terletak di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto, sekitar 4 Km bagian barat laut kota Kediri, Jawa Timur.  Posisinya berada pada perbukitan batu padas di kaki Gunung Klothok. Gua Selomangleng merupakan situs wisata sejarah yang sangat populer di Kediri. Gua ini sangat unik sesuai dengan namanya Selomangleng. Selomangleng berasal dari kata Selo artinya “Batu” dan mangleng artinya “Menggantung”. Jadi Selomangleng artinya batu yang menggantung.
                                                                                                 
Di bagian dalam gua terdapat altar ritual
tempat pembakaran dupa dan sesajen
Menurut penuturan sejarah, Gua Selomangleng diyakini merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci. Dewi Kilisuci adalah putri mahkota Raja Airlangga, yang memilik nama asli Sanggramawijaya. Dewi Kilisuci menolak tahta kerajaan dan menjauhkan diri dari kehidupan keduniawian. Di Gua Selomangleng inilah Dewi Kilisuci menjalani pertapaan hingga tidak diketahui keberadaannya, dianggap muksa oleh sebagian orang.
lokasi gua selomangleng kediri jawa timur
tempat wisata di kediri gua selomangleng
Arca Dwarapala dan Relief Kepala Kala
di Gua Selomangleng
asal kata selomangleng
Ukiran Relief di Bagian dalam Gua Selomangleng
Di bagian luar Gua Selomangleng atau di kaki bukit, terdapat beberapa tumpukan batu dan arca dwarapala yang kondisinya rusak dibagian kepala. Masuk kedalam Gua, disambut dengan aroma menyengat sisa pembakaran dupa. Nampaknya Gua Slomangleng masih digunakan untuk aktifitas ritual. Di dalam gua terlihat pahatan ukiran relief pada bagian dinding. Diantaranya ada relief bentuk manusia dan gunung-gunung. Di salah satu sudut, terdapat semacam altar untuk pembakaran dupa.
lokasi gua selomangleng kediri
Suasana alam di sekitar Gua Selomangleng cukup nyaman, banyak terdapat pepohonan rindang. Bagi pengunjung yang ingin bersantai, juga disediakan saung. Tidak jauh dari Gua Selomangleng terdapat Museum Airlangga, di museum ini banyak terdapat benda-benda peninggalan masa lampau yang bisa dijadikan studi sejarah.
gua selomangleng kediri, jawa timur
Jika melihat maket proyek pengembangan wisata di gua selomangleng, nampaknya akan menjadi tempat wisata yang cukup potensial. Pengunjung akan dimanjakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati. Gua Selomangleng bisa menjadi tempat wisata di Kota Kediri yang menarik untuk dikunjungi.
Sumber:
Lokasi wisata Gua selomangleng, Kediri, Jawa Timur

0 Response to "Wisata : Gua Selomangleng Kediri Jawa timur"

Post a Comment