Wisata : Gunung Kelud Kediri Jawa timur

kondisi puncak gunung kelud kediriIndonesianian.blogspot.co.id Gunung Kelud Kediri, setelah meletus satu setengah tahun lalu, kondisinya saat ini sangat jauh berbeda. Puncak Gunung Kelud sudah tidak bisa dikunjungi, kita hanya diperkenankan sampai  batas radius 1 km. Dari radius ini kita hanya bisa menyaksikan material sisa-sisa erupsi yang menutupi seluruh kawasan gunung Kelud. Hamparan batu, pasir dan debu saja yang menjadi pemandangan tak berbatas.

Pegunungan yang dulunya hijau dengan rerimbunan pohon, sekarang nampak gundul dan gersang. Hanya gugusan bukit karang yang terlihat menonjol, menyembul diantara tumpukan material letusan. Aliran lahar juga terlihat jelas di beberapa anak sungai yang melintas diantara lembah-lembah. Tidak ada yang tersisa, panorama indahnya Gunung Kelud seperti sebelum terjadinya erupsi sudah tidak nampak lagi.
panorama gunung kelud sebelum meletus

kondisi gunung kelud setelah meletus
Gambar Atas, Gunung Kelud Sebelum Meletus
Gambar Bawah, Gunung Keleud setelah Meletus
keadaan gunung kelud kediri sekarang
Kiri; Sebelum Meletus, Kanan; Setelah meletus
Meskipun kondisinya sudah tidak seperti dulu, ternyata wisatawan tetap antusias berkunjung ke Gunung Kelud. Hampir setiap hari ada saja yang berkunjung, apalagi jika akhir pekan atau hari libur, parkir kendaraan tampak penuh. Pengunjung saat ini sudah tidak bisa membawa kendaraan hingga mendekati puncak. Kendaraan roda 4 harus diparkir sekitar 4 km sebelum puncak, sedangkan sepeda motor masih bisa lebih dekat dengan puncak. Karenanya bagi pengguna roda emapat, masih harus menggunakan jasa ojek dari lokasi parkir mobil, sampai ke batas parkir sepeda motor.
kawasan kunjungan gunung kelud kediri
Batas Pengunjung di Kawasan Puncak Gunung Kelud
jalan menuju gunung kelud kediri
Lokasi Parkir Mobil, Masih Jauh dari Puncak
lokasi puncak gunung kelud kediri
Panorama Alam dari atas area Gunung Kelud
Untuk masuk ke kawasan wisata Gunung Kelud, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang. Sedangkan parkir sepeda motor Rp. 3.000,-, nah bagi pengunjung yang naik mobil masih harus menambah biaya ojek sampai ke parkiran sepeda motor.
Sumber: Wisata Gunung Kelud Kediri

2 Responses to "Wisata : Gunung Kelud Kediri Jawa timur"

  1. informasi menarik
    ke gunung kelud kediri bisa jadi alternatif liburan
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap gunung Kelud memang sangat menarik untuk dikunjungi gan..
      thanks atas kunjungannya

      Delete